Ticker

6/recent/ticker-posts

KMD - Hari ke 5 | Postur Pembina

 


Materi hari ke 5 yaitu Postur Pembina oleh Rini Harjanti. LG. 

Postur pembina adalah fifur atau cerminan yang ditampilkan oleh seorang yang membina kegiatan pramuka. Postur Pembina pramuka bukan berarati bentuk fisik dari pembina pramuka itu sendiri, melainkan cerminan dari penampilan, sikap, etika yang baik yang harus ditunjukkan kepada peserta didik (Siaga, Penggalang, Penegak, dan Pandega).

Pembina pramua adalah anggota dewasa yang memiliki komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip dalam pendidikan kepramukaan secara suka rela berbiat bersama peserta didik, dengan penuh kesabaran memotivasi, membimbing, membantu serta memfasilitasi kegiatan pembinaan peserta didik.

Tugas Pembina Pramuka

1. Memberikan pembinaan pada peserta didik (berkepribadian dan berbudi pekerti luhur).

2. Menerapkan prinsip dasar kepramukaan - Metode kepramukaan, kiasan dasar, dan Sistem Among dalam pembinaan.

3. Memberi pengayaan dengan mengikuti perkembangan sehingga up to date, bermanfaat bagi peserta didik dan masyarakat lingkungannya, serta taat pada kode kerhormatan pramuka.

4. menghiupkan, membesarkan gugus depan dengan selalu memelihara kerjasama dengan orang tua peserta didik dan masyarakat.


Peran Pembina Pramuka

1. Sebagai orang tua yang dapat memberi nasehat, arahan, dan bimbingan

2. Sebagai guru yang mengajarkan keterampilan dan pengetahuan.

3. Sebagai kakak yang dapat melindungi, mendampingi, membimbing adik-adik peserta didik. 

4. Sebagai mitra dan teman yang dapat dipercaya bersama-sama menyelenggarakan kegiatan yang menarik, menyenangkan, serta mengandung unsur pendidikan.

5. Sebagai konsultan, tempat betanya, dan berdiskusi tentang berbagai hal.

6. Sebagai motivator, innovator, dan isnpirator untuk meningkatkan kualitas diri peserta didik, serta bersemangat untuk maju.

7. Sebagai fasilitator yang memfasilitasi kebutuhan dalam kegiatan peserta didik.


Tanggung Jawab Pembina Pramuka

a. Terselenggranya pendidikan kepramukaan yang teratur dan terarah sesuai dengan visi dan misi Gerakan Pramuka.

b. Terjaganya pelaksanaan Prinsip Dasar Kepramukaan dan Metode Kepramukaan pada semua kegiatan pramuka.

c. Pembinaan pengembangan mental, moral, spiritual, fisik, intelektual, emosional, dan sosial peserta didik.

d. Terwujudnya peserta didik yang berkepribadian, berbudi pekerti luhur, berguna bagi bangsa dan negaranya.





Post a Comment

0 Comments